Etika dalam melakukan Eskperimen

Posted on Updated on


Psikologi eksperimen : salah satu cabang dari ilmu psikologi yang menitikberatkan pada penggunaan metode penelitian eksperimen dalam meneliti dan mengembangkan ilmu psikologi.

Metode penelitian adalah prosesp, prinsip dan prosedur yang di gunakan untuk mendekati problem dan mencari jawaban. Pendekatan umum untuk mengkaji topik penelitian.

Ciri ciri penelitian eksperimen : peneliti mengubah kondisi kondisi tertentu memnurut rencana yang di tentukan, adanya variabel bebas dan tergantung, adanya kesetaraan kelompok sebelum dan sesudah di berikan perlakuan, adanya kendali penuh pada peneliti untuk memberi perlakuan sehingga memenuhi syarat validitas dan realibilitas penelitian, adanya prosedur randomisasi atas subjek dan kelompok untuk menjamin kesempatan yang sama bagi semua anggota populasi.

Merujuk pada suatu etika penelitian eksperimen dalam psikologi yang diterbitkan oleh British Psychological Society (BPS) dan American Psychological Association (APA), maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penelitian psikologi, termasuk penelitian dengan metode eksperimen. Berikut Etika Penelitian Eksperimen:

  1.  Kebebasan bagi publik untuk dapat mengakses hasil penelitian
  2. Menjaga kerahasiaan subjek penelitian
  3. Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek
  4. Memberikan hal subjek dan meminta persetujuan terlebih dahulu untuk kesediaan menjadi subjek penelitian, dengan memeberitahukan konsekuensi yang muncul dalam penelitian. Kalau diperlukan ada penandatanganan kontrak tertulis dengan hak dan kewajiban yang jelas
  5.  Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek tentang prosedur penelitianyang telah dilakukan, termasuk hal-hal yang disembunyikan oleh peneliti. Hal ini dilakukan setelah penelitian usai.
  6. Memberikan terapi atau bantuan kepada subjek yang mengalami akibat negatif baik secara fisik atau psikis dari penelitian, sampai kembali sehat seperti keadaan semula sebelum penelitian
  7. Penelitian yang melibatkan binatang harus memperhatikan akibat negatif yang mungkin dialami binatang, seperti indra melemah, menyendiri, memar atau luka fisik, kelaparan dan penggunaan bahan ekstrim

sumber :
http://www.masbow.com, http://nafnizon.blogspot.com

Leave a comment