VIA Tantang Intel di Pasar Netbook

Posted on Updated on


Gerah dengan dominasi Intel Atom di pasar netbook? Jangan khawatir, VIA siap mengadang dengan teknologi terbarunya. Mereka baru saja menggelontor prosesor seri Nano 3000 yang ditujukan bagi pasar netbook dan PC all-in-one. Ini merupakan penerus dari seri sebelumnya yaitu Nano 1000 dan 2000. Menurut VIA, produk terbarunya ini mampu menghemat daya 20% lebih baik dan punya kinerja 30% lebih unggul dibanding pendahulunya tersebut.

VIA mengklaim Nano 3000 mampu menangani operasi komputasi lebih baik dibanding Intel Atom. Saat dites memakai peranti lunak PCMark dan Cinebench R10, prosesor ini mencatat skor masing-masing 42% dan 34,5% lebih tinggi. Teknologi VIA VT yang dipunya membuat kemampuan virtualisasi Nano 3000 dapat diandalkan. Kualitas kartu grafis bawaan VIA Chrome9 HC3 pun bisa melampaui kinerja Intel GMA950. Selain itu, PC yang mengandung Nano 3000 dapat digunakan memutar video HD 1080p tanpa cela. Sayangnya, VIA baru mengembangkan chip Nano 3000 yang mengandung satu inti. Padahal Intel Atom sudah tersedia versi dua intinya.

Nano 3000 dapat diperoleh dalam beberapa variasi clockspeed, antara rentang 1GHz dan 2GHz. Seluruhnya berjalan pada FSB 800Mhz dan kapasitas cache 1MB. “Seri ini merupakan prosesor tercepat dan paling efisien yang kami miliki sekarang,” ujar Richard Brown (VP International Marketing, VIA Technologies, Inc.). Prosesor ini juga telah mendukung Windows 7 dan dilengkapi kapabilitas keamanan terintegrasi VIA PadLock Security Engine.

Saat ini, VIA baru mengirimkan sampel prosesor Nano 3000 kepada para vendor motherboard dan OEM. Konsumen harus bersabar sampai Q1 2010 ketika prosesor ini diproduksi secara massal. Nah, akankah VIA sukses “mengganggu” ketentraman Intel? Sangat menarik untuk kita tunggu.

Sumber:

http://infokomputer.com/index.php/news/read/4230/VIA.Tantang.Intel.di.Pasar.Netbook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s